Sabtu, 06 Agustus 2016

Masjid

Jika memang masjid itu diperuntukkan hanya untuk oramg-orang suci, maka celakalah aku.

Jika memang masjid itu diperuntukan hanya untuk orang-orang sholehah, maka celakalah aku. 

Jika memang masjid itu hanya diperuntukan untuk orang-orang yang bercahaya, maka celakalah aku.

Lalu dimana tempatku yang kotor, berdosa dan bergelimang didalam kegelapan ini akan pulang?

Entah dimana lagi tempatku meneteskan air mata, menyesali dosaku yang pekat dan menahun. Entah dimana lagi tempatku untuk menunduk dan menyerahkan diri.

Apakah orang-orang sepertiku asing untuk kembali? Entah, aku merasa terlalu hina karena ku sadari diriku hanya noda-noda yang tak pantas memasuki rumahMu nan suci itu. Begitupun aku terlalu malu bertegur sapa dan duduk bersama orang-orang berada didalamnya, tak kuasa melihat diriku begitu gelap karena cahaya keimanan yang dimiliki mereka.

Namun Engkau berfirman;
"Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa. (An Najm : 32)"

Izinkan aku selalu luluh padaMu yaRabb..

Karena mungkin tak pernah ada hambamu yang benar-benar suci, kecuali Engkau menghendaki untuk disucikan. Karena kami semua hanya hambamu yang khilaf, dzalim, penuh dosa, namun rasanya ingin kembali ke jalanMu.

Karena aku tak pernah tahu pasti, mereka yang sering berkumpul di masjid itu mungkin mempunyai masa lalu buruk yang telah lama terkubur.

Karena aku tak pernah tahu pasti, bahwa mereka yang berlomba-lomba mendapatkan saf terdepan itu mungkin telah berhenti berlomba pada keburukkan.

Karena aku tak pernah tahu pasti, bahwa mereka yang begitu khusyuk beribadah itu mungkin telah Kau tutup aib-aibnya dengan begitu rapat.

Dalam kebesaran namaMu, maka izinkanlah aku luluh, lagi dan lagi.

Entah mengapa begitu rindunya aku kembali, sedangkan aku tahu pasti bahwa aku pun selalu menghianati.

Izinkan aku, kami dan semua orang yang tersesat, untuk kembali padaMu, kembali ke rumah suciMu. Izinkanlah agar kami menjadi kembali setelah sekian lama tersesat, untuk bersegera kembali menuju rumahMu.

Yaitu rumah... Yang mensucikan orang-orang yang kotor, berdosa, dan sekian lama bergelimang kegelapan.
Aamiin..

Depok, 6 Agustus 2016

0 komentar:

 
;